COKELAT KOPI IDE CEMILAN BULAN RAMADAN

Ingin merayakan ramadan dengan camilan, penikmat kopi pasti ingin mencobanya.

BULAN puasa identik dengan penganan yang nantinya dihidangkan ketika lebaran tiba. Penganannya pun merupakan hasil olahan sendiri, dibuat ketika mereka sedang menjalankan puasa. Sudah menjadi sebuah tradisi ketika bulan puasa banyak orang membuat olahan kue kering atau pun camilan. Pernahkan mendengar camilan biji kopi dibalur coklat, berikut resep sajiannya yang saya kutip dari thespruceeats.

credit: thespruceeats

Walau pun masih banyak diantara kita yang ragu untuk mudik ke kampung halaman, setidaknya semangat menyambut hari raya tidak surut. Rayakan lebaran sendiri di rumah tidak ada salahnya, dengan es kopi favorit dan camilan buatan sendiri.

Yuk silahkan disimak bagi kamu yang ingin mencoba buat di rumah.

Yang dibutuhkan

  • 12 ons coklat chip
  • 1 sendok teh minyak kelapa
  • biji kopi secukupnya
  • opsional: 1/4 cangkir bubuk coklat (unsweetened)

Cara membuat

  1. Persiapkan dan pastikan semua bahan sudah tersedia. Pilihlah biji kopi sesuai selera apakah robusta atau arabika.
  2. Masukkan dan aduk coklat chip dan minyak kelapa ke mangkuk yang tahan dimasukkan mikrowave, selang 30 detik aduk hingga lembut.
  3. Sebagian biji kopi masukkan ke adonan coklat lumer, angkat satu per satu biji kopi dengan garpu agar lebihan coklat tertetes ke mangkuk.
  4. Letakkan biji kopi yang sudah dilapisi coklat lumer ke loyang yang dilapisi oleh kertas adonan. Kamu bisa menaburkan bubuk coklat untuk menambah sensasi rasa pada tahap ini.
  5. Langkah terakhir memastikan coklat mengeras agar menyatu ke biji kopi
credit: thespruceeats

Agar coklat terlapisi tebal lebih baik menggunakan cetakan, dan simpan dalam lemari es kurang lebih 1 minggu agar proses pembekuan lebih cepat. Kamu juga bisa improvisasi resep ini dari mulai bahan hingga cara membuatnya.

BACA JUGA  RESEP ES KOPI CUBE PRAKTIS

sumber
thespruceeats.com

ARTIKEL DAN GAMBAR CREDIT By : MAJALAH OTTEN