5 ALAT KOPI DENGAN PROSES EKSTRAKSI TERCEPAT

Alat seduh kopi tercepat solusi untuk minum kopi di mana saja.

BERBEDA dengan sajian espresso sememangnya membutuhkan waktu seduh segera dengan hitungan detik. Beberapa alat kopi manual pun hanya membutuhkan waktu ringkas karena didukung dengan desain alat kopi yang fungsional. Sengaja didesain untuk mengoptimalkan hasil ekstraksi dengan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Berikut ini saya rangkumkan, alat seduh kopi manual dengan proses ekstraksi sebentar versi Otten Coffee.

Untuk menyajikan kopi yang nikmat harus mempertimbangkan beberapa hal, mulai dari tingkat gilingan biji kopi, suhu air seduhan dan juga waktu seduh. Lalu bagaimana jika ada alat kopi yang hanya butuh beberapa menit saja untuk membuat sajian kopi nikmat. Tentu alat kopi ini sangat sesuai untuk di bawa ke mana saja untuk minum kopi kapan pun ketika ingin. Cukup menyediakan bubuk kopi, dan air panas saja, maka proses seduh kopi pun dibuat segera.

  1. Pipamoka
    Hanya butuh waktu 2 menit, proses seduh sudah selesai dan kopi nikmat pun tersaji. Sebuah inovasi terbaru berbentuk tumblr dari Wacaco merek produksi alat kopi ternama, dengan desain yang sederhana nan elegan, dan metode seduh yang terbilang unik. Cukup dengan memutar berlawanan arah antara sisi tumblr bawah dan atas, proses seduh kopi nikmat selesai dan bisa langsung diminum dari tumblr-nya yang tahan panas.
  2. Aeropress Go Travel Coffee Press
    Sekitar 90 – 100 detik waktu seduh yang diperlukan tergantung durasi ketika menekan Aeropress. Seri lain dari Aeropress ini dilengkapi dengan mug set, dan alat Aeropress-nya bisa disusun di dalamnya. Sangat mudah untuk dipasang kembali ketika ingin menyeduh kopi dan disimpan. Rahasia nikmat ekstraksi dari Aeropress terletak pada durasi ketika menekan Aeropress, memaksa air seduhan melalui bubuk kopi.

    credit: backpackers.com

  3. Cafflano Go-Brew
    Cukup membutuhkan waktu seduh kurang lebih 3 menit, praktis bisa diminum langsung dari wadahnya. Didesain serupa botol terintegrasi metode seduh pour over, durasi ekstraksi dipengaruhi dengan tingkat gilingan kopi dan juga agitasi ketika menuangkan air seduhan. Sebagian badan botol akan menjadi dripper, setelah proses seduh selesai dan paper filter dibuang, badan botol ditutup kembali untuk bisa menikmati hasil ekstraksi kopi.
  4. Kinto Cafepress
    Sangat menarik karena hanya membutuhkan waktu seduh 2 – 3 menit untuk membuat sajian kopi press nikmat. Serupa mug, Kinto Cafepress terintegrasi penerapan metode french press, yang mana mengandalkan beberapa detik untuk mendiamkan bubuk kopi terendam air seduhan. Dan setelah dirasa proses tersebut selesai, langkah akhirnya penekanan untuk memisahkan dan mendorong bubuk kopi ke bagian bawah mug, ajaibnya sajian kopi selesai.
  5. Espro Coffee Travel Press
    Alat kopi portabel praktis yang membutuhkan waktu seduh antara 3-4 menit, tergantung berapa lama durasi immersion yang diperlukan. Menerapkan metode seduh kopi press, alat kopi ini didesain layaknya tumblr, sehingga setelah proses seduh selesai, langsung bisa dinikmati menggunakan tumblr tersebut.
BACA JUGA  SAMARKAN BEKAS JERAWAT DENGAN KOPI

Ulasan ini saya rangkumkan dari laman resmi dan berbagai saluran youtube yang mereview alat tersebut. Semoga bisa menjadi referensi untuk kamu yang sedang mencari alat kopi yang hanya perlu waktu sebentar untuk menyeduh kopimu. Namun tunggu sebentar, ada satu alat kopi lagi yang wajib kamu ketahui.

Varia Brewing – Press Kit
Dalam alat kopi bisa untuk menyajikan 3 metode berbeda, antaranya Pour Over, French Press, dan Mokapot. Tentunya waktu seduh yang paling cepat menggunakan metode kopi press jika menggunakan Varia Brewing. Menariknya dari alat kopi ini, variasi metode seduh yang bisa kamu lakukan jika sewaktu-waktu ingin sajian kopi berbeda. Dengan catatan sajian mokapot dari alat ini harus menggunakan kompor induksi / kompor listrik.

ARTIKEL DAN GAMBAR CREDIT By : MAJALAH OTTEN