Siswa SMAN 1 Sinjai Bentuk Relawan PPDB

SINJAI – Sejumlah siswa mengaku kesulitan untuk mengakses laman penerimaan peserta didik baru (PPDB) online. Adapun kendala yang dihadapi siswa ataupun orangtua yakni server down hingga gagap teknologi.

Hal tersebut yang membuat siswa SMAN 1 Sinjai yang tergabung dalam organisasi kepramukaan berinisiatif menjadi relawan PPDB.

Puluhan relawan tersebut menawarkan diri untuk membantu calon siswa baru yang kesulitan dalam proses PPDB online.

Relawan PPDB, Anisa Fahriani saat ditemui, Selasa (30/6/20) di depan SMAN 1 Sinjai mengatakan bahwa ia bersama rekannya mengaku menjadi relawan karena melihat calon siswa baru yang kesulitan mendaftar PPDB online.

“Meski pendaftaran online ini bisa dilakukan di rumah namun terkadang orang tua atau siswa kurang paham soal PPDB online ini sehingga kami siap membantu, ” katanya.

Sejak dibuka Senin kemarin (29/6/20) ratusan calon siswa baru mendatangi relawan ini untuk dibantu melakukan pendaftaran secara online melalui jalur zonasi.

“Mulai kemarin hingga hari ini sudah ratusan yang datang kesini minta untuk dibantu cara pendaftrannya. Mereka hanya membawa Surat Keterangan Kelulusan, Akta Kelahiran dan kartu keluarga, setelah itu kita cetak tanda bukti pendaftaran yang akan digunakan untuk pendaftaran ulang, ” jelasnya.

Sementara itu salah seorang calon siswa baru, Nur Azifah Zahra Alumni dari SMPN 5 Sinjai mengaku senang dengan adanya relawan tersebut sebab memudahkan ia bersama rekannya untuk mendaftar secara online.

“Keberadaan relawan PPDB ini sangat membantu kami yang ingin melakukan pendaftaran karena tidak semua paham mekanismenya. Saya di rumah sudah mencoba mendaftar tetapi tidak berhasil sehingga saya datang kesini untuk meminta bantuan sama kakak senior, ” tuturnya.

Sekedar diketahui, bahwa pendaftaran PPDB jalur zonasi di sekolah ini berlangsung mulai tanggal 29 juni hingga 3 juli 2020, sedangkan untuk jalur afirmasi, prestasi dan jalur perpindahan orang tua sudah selesai dilaksanakan pada tanggal 26 juni 2020 lalu. (AaN Kominfo Sinjai)

BACA JUGA  Jelang HUT RI Ke 75, Pedagang Bendera dan Umbul-Umbul Mulai Panen

SUMBER ASLI : SITUS BERITA PEMKAB SINJAI