BERI KESEMPATAN PADA ROBUSTA SEKALI LAGI!

Robusta dikenal karena kafeinnya, kekuatan rasanya dan katanya pahit luar biasa. Padahal jika kamu mau lebih kenal dengannya, robusta juga punya keseruan yang sama dengan arabika.

DI kepala banyak orang robusta adalah jenis kopi yang tangguh, pahit, mengandung kafein lebih banyak dan tentu saja ekonomis rasanya. Sebenarnya stigma ini tak bisa disalahkan juga mengingat robusta umumnya dinikmati kalangan warung kopi yang memiliki pendapat bahwa kopi itu harus kuat, hitam dan pahit. Pun kalau dinikmati di kedai kopi specialty, biasanya robusta hanya dipakai sebagai campuran house blend kedai kopi tersebut. Agar di dalam house blend-nya mengandung rasa lebih body dan nendang. Juga menekan biaya produksi karena robusta ini memang lebih murah dari arabika.

credit: BeanScene Magazine

Namun harus diketahui juga bahwa banyak sekali robusta yang berkualitas. Jika arabika kualitas baik dikenal dengan single origin, maka robusta kualitas tinggi dikenal dengan fine robusta. Robusta juga dikurasi oleh r-grader, yaitu mereka yang mencicip dan menilai rasa robusta secara objektif. Ya, kurang lebih seperti q-grader kalau di arabika.

Jika kamu mau mencoba fine robusta yang benar-benar mantap. Kamu akan menemukan rupa-rupa rasa yang tak kalah ajaib. Jangan bayangkan rasa pahit, karet atau paling-paling tanah. Karena kami pernah mencoba robusta dari Flores Manggarai yang notes-nya mengandung guava, gula merah dan kelapa. Pun jangan kira bahwa robusta hanya bisa diproses dengan proses basah saja. Banyak fine robusta yang pascapanennya pun melewati natural proces dan honey process. Yang mengakibatkan keluarnya aneka rasa yang tak pernah kami bayangnkan akan ada di kopi robusta.

credit: unitedcoffeehouse.in

Intinya mari jauhkan pikiran bahwa robusta hanya layak dinikmati bersama susu kental manis atau sekadar campuran blend di espresso atau kopi susu kekinian kita. Robusta bisa dan layak diseduh secara manual dan mampu memiliki kenikmatan yang seru, sama seperti saudaranya arabika. Jika kamu belum pernah coba robusta yang nikmat, mungkin bisa intip ke ottencoffee.co.id untuk melihat aneka robusta dengan rupa-rupa rasa yang menarik. Selamat mencoba!

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

BERITA INI TELAH TAYANG LEBIH AWAL DIMAJALAH OTTEN