YANG HARUS DIPERTIMBANGKAN SEBELUM BELI MESIN ESPRESSO DI RUMAH!

Memilih mesin espresso memang terkadang seperti memilih jodoh. Harus cocok, serasi dan sama-sama meringankan.

BANYAK penikmat kopi yang ingin berinvestasi sebuah mesin espresso rumahan untuk menunjang kebutuhan ngopi yang semakin ke sini semakin asyik saja. Alat-alat seduh manual mungkin seru, tapi namanya manusia yang tak pernah puas, pastilah ingin belajar ini-itu dan bermain ini-itu demi hasil kopi yang semakin sedap.

Mesin espresso rumahan hadir dalam ragam desain, fungsi, merek dan tentunya budget. Budgetnya pun cukup beragam. Mulai dari 2 jutaan hingga tak terhingga. Beberapa merek mesin kopi rumahan yang laris di pasaran adalah Delonghi. Delonghi hadir dalam ragam seri yang berbeda-beda sesuai dengan selera pemiliknya.

Namun sebelum memilih mesin espresso apa yang ingin kamu beli untuk di rumah. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

Frekuensi

Seberapa sering frukuensi kamu ngopi di rumah? Seberapa sering kamu minum kopi espresso dan turunannya. Jika sehari sekali, sepertinya sudah cukup menjadi alasan untuk berinvestasi. Jika seminggu sekali, sepertinya belum cocok. Karena mesin espressomu akan berakhir menjadi pengumpul debu. Mesin espresso yang jarang dipakai juga bisa rusak. Tidak mau kan mesin yang kamu beli mahal-mahal berakhir jadi barang rongsokan.

Daya 

Ini adalah pertimbangan cukup besar mengingat di rumah kita biasanya berbeda-beda kekuatan daya listriknya. Harus kamu pastikan sebelum membeli mesin espresso daya listriknya cukup dengan daya listrik yang ada di rumahmu. Umumnya mesin espresso rumahan memiliki daya sekitar 800 hingga 1200 watt. Tapi jika rumahmu menampung daya listrik yang besar sekali, kamu boleh mengabaikan poin ini karena listrik bukanlah masalah berarti. Tak mau kan kalau sedang bikin kopi tiba-tiba listrik seluruh rumah mati?

Sudah Ada Penggiling Kopi?

Ingat bahwa mesin espresso adalah pembuat espresso. Jadi kalau ingin membeli mesin espresso haruslah sudah memiliki grinder. Grinder-nya pun harus cukup mumpuni karena jika tidak tepat hasil espressomu tidak akan mencapai hasil yang diinginkan. Jadi sebelum beli mesin espresso pastikan juga kamu punya penggiling kopi ya.

Harga, Merek, Desain?

Semuanya tergantung kemampuan dan selera masing-masing. Di pasaran tersedia begiu banyak pilihan mesin espresso. Tapi harus dipastikan juga mesin espresso  yang kamu beli memiliki garansi dan menjual sparepart jikalau tiba-tiba mengalami kerusakan. Oh iya, akan lebih baik jika ada service centre-nya di kotamu ya!

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

BERITA INI TELAH TAYANG LEBIH AWAL DIMAJALAH OTTEN